LEADERSHIP | CEMPAKA: LEADERSHIP

Monday, 19 October 2015

LEADERSHIP

Hay gan, kali ini saya akan membuat artikel yang berjudul leadership atau kepemimpinan, hehehe
bagi kalian pimpinan atau ketua mngkin ini bisa buat pengetahuan saja atau bisa saling berbagi, sesuai dengan namanya leadership, kita juga harus mempunyai sifat kepemimpinan, apalagi saya laki-laki harus bisa memimpin keluarga kita dan bukan cuma saya saja semua laki-laki juga akan seperti itu, jadi buat para wanita berarti tidak harus bebas dong , wanita juga harus mempunyai sifat kepemimpinan, dan nantinya juga akan mengurus dan mendidik anak, hehehe

oke, langsung saja seperti biasa saya definisikan terlebih dahulu apa itu leadership/kepemimpinan ?

Definisi kepemimpinan ( Definition of Leadership)

“Kepemimpinan merupakan salah satu fenomena yang paling mudah diobservasi, tetapi menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk dipahami” (Richard L. Daft,1999)
Kepemimpinan adalah sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya

(Joseph C. Rost., 1993)

PROSES KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan merupakan sebuah proses dimana seorang pemimpin (leader), mempengaruhi pengikutnya (follower) tanpa menggunakan cara paksaan untuk mencapai suatu tujuan.

Leadership influencing employees to voluntarily pursue organizational goals

Unsur-Unsur Pokok
Dalam Kepemimpinan


Kepemimpinan merupakan aktivitas orang-orang, yang terjadi di antara orang-orang, dan bukan sesuatu yang dilakukan untuk orang-orang, sehingga kepemimpinan melibatkan pengikut (followers).
Proses kepemimpinan juga melibatkan keinginan dan niat, keterlibatan yang aktif antara pemimpin dan pengikut untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Realitas Baru Bagi Kepemimpinan Dan Organisasi


Dari Penghargaan Akan Stabilitas Menuju Penghargaan Akan 
Perubahan

•Pemimpin mempertahankan stabilitas organisasi dan menganggap sebagai strategi yang efisien atau merupakan langkah penghematan bagi organisasi.
•Pemimpin yang terbaik saat ini adalah yang belajar untuk berjalan mengikuti arusdanmengalir seperti air”, untuk menerima perubahan yang tidak bisa ditolak dan berusaha melihat perubahan sebagai peluang untuk meraih sukses dan sumber energi potensial.

Dari Kontrol Menuju Pemberdayaan
Kontrol yang ketat sangat dibutuhkan bagi organisasi untuk berfungsi secara efisien dan efektif.
Struktur organisasi yang kaku, pekerjaan yang monoton menunjukkan bahwa orang-orang yang berada di atas lebih berkuasa dari anggota organisasi yang berada di bawah.
Pemimpin harus menjadikan kekuasaan yang dimilikinya lebih banyak bersumber dari kekuatan dan kualitas hubungan manusiawi daripada hanya bersumber dari kedudukan, jabatan, kebijakan, dan prosedur.

Dari Kompetisi Menuju Kolaborasi

•Munculnya paham pemberdayaan secara langsung mendorong munculnya cara baru dalam kegiatan kerja yang lebih menekankan proses kolaborasi daripada kompetisi dan konflik.
•Dengan berkolaborasi berarti setiap orang adalah tim kerja yang solid.

Dari Penekanan Pada Barang Menuju Hubungan

Munculnya paham kolaborasi, baik di dalam maupun di luar organisasi memunculkan perubahan paradigma lainnya, yaitu berubahnya fokus dari produk dan mesin, menjadi terfokus pada unsur manusia dan hubungan.
•Organisasi yang berorientasi pada kontrol, hirarki, & struktur yang kaku tidak akan berhasil dengan baik di dalam sebuah dunia yang berubah dengan konstan, yang mempunyai penyebaran arus informasi serba cepat dan yang dihadapkan pada kompetisi global.

Dari Keseragaman Menuju Keanekaragaman


Kelompok yang homogen dianggap lebih mudah untuk saling bekerja sama, berkomunikasi, dan memahami satu dengan lainnya.
Keberagaman yang ada mengakibatkan organisasi akan lebih fleksibel dan adaptif dalam menghadapi benturan, karena potensi yang dimiliki organisasi yang beranekaragam.

Kepemimpinan Bukanlah Proses Karbitan


7 Alasan Pokok Kegagalan Seorang Pemimpin:

1.Tidak sensitif, tidak perduli, suka melakukan intimidasi, omong besar.

2.Dingin, menjaga jarak, dan arogan.

3.Mengkhianati kepercayaan pribadi.

4.Terlalu ambisius, egoistik, bermain politik, mementingkan diri sendiri.

5.Mempunyai masalah kinerja dengan dunia bisnis

6.Tidak mampu mendelegasikan dan membangun tim-kerja

7.Tidak mampu memilih bawahan yang tepat.

macam kualitas yang tidak dibutuhkan harus dihindari  oleh seorang pemimpin

1.Nilai kepatuhan mutlak (Boot camp values)

2.Penyangkal (Deniability)

3.Aturan Emas (The Golden Rule)

4.Egoistik (Self-Centeredness)

5.Tangan Besi (An Iron first)

Manajemen Kepemimpinan-Mix

                                           Kepemimpinan

LEMAH                                      KUAT


Pemimpin dituntut untuk mampu membangun kapasitas serta sinergi untuk menyatukan seluruh potensi organisasi sehingga energi yang berkekuatan besar tersebut mengarah ke arah visi dan tujuan organisasi.
Vince Lombardi mengatakan bahwa bertentangan dengan opini banyak orang, pemimpin tidak dilahirkan, pemimpin dibuat, dibentuk, dan itu semua terbentuk melalui usaha dan kerja keras
  (Richard L. Daft, 1999)

         Demikian artikel yang saya tulis yang sebagian saya mengambil dari referensi buku, sebagai pelengkap dari penulisan artikel ini, apabila masih banyak kekurangan dari artikel yang saya buat ini hanyalah tulisan manusia, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dan terimakasih sudah mau meluangkan waktu sejenak untuk sekedar melihat maupun membacanya, apabila anda mempunyai saran atau kritikan silahkan tinggalkan di kolom komen, terimakasih . saya akan berlapang dada menerima dan saya berusaha untuk merespod reply dr kalian, hehehe :D


Semoga artikel LEADERSHIP bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel LEADERSHIP ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot