Cara Membuat Game Puzzle Sederhana dari Bahasa C++ | CEMPAKA: Cara Membuat Game Puzzle Sederhana dari Bahasa C++

Wednesday, 21 January 2015

Cara Membuat Game Puzzle Sederhana dari Bahasa C++

Kali ini kita masuk ke Lab. komputer, yang isinya praktek logika dalam bahasa pemograman yang telah kita pelajari dikelas. software yang kita pakai dalam praktek adalah Borland C ++ 5.02.
Pada pertengahan semester, saya di beri tugas untuk mencari contoh penggunaan C ++ dalam Aplikasi atau Program dalam game. Awalnya saya bingung harus bagaimana, soalnya saya baru belajar tentang bahasa pemograman.
Tapi karna niat dan perjuangan yang pantang menyerah :D. akhirnya tugas ini selesai tepat pada waktunya :):D
Saya mengambil tema tentang game, Game Puzzle jelasnya. sebenernya saya mengambil judul game mobil-mobilan. karna sudah ada yang membuat, walhasil saya mencari lagi. :) yang penting tetep pantang menyerah :p
berikut tugasnya :
Tentang Program
•  Nama Program
Nama Program ini adalah program game puzzle angka.
•  Fungsi Program
Fungsi dari program ini hanyalah untuk mengurutkan angka-angka yang telah acak menjadi angka-angka yang berurutan.
•  Bahasa Pemrograman
Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah Borland C++.
Cara Pengoperasian
Cara pengoperasian program game Puzzle ini adalah :
  1. Saat tampilan pertama tampil, lakukan intruksi awal yaitu menekan tombol apapun untuk memulai permainan.
  2. Lakukan intruksi selanjutnya, yaitu memilih level yang ingin dimainkan, dengan angka 1 = easy, 2 = medium, atau 3 = hard. Lalu tekan enter
  3. Maka akan tampil puzzle dengan angka acak sesuai dengan level yang telah anda pilih.
  4. Urutkan angka-angka yang acak menjadi angka yang berurutan benar.
  5. Apabila anda keluar atau reset permainan tekan tombol Esc, lalu pilih ‘y’ untuk keluar, dan ‘t’ untuk reset.
Tampilan Program beserta Penjelasannya
Setelah program di kompile maka tampilan pertama yang akan muncul adalah

Gambar 1
Saat program di kompile, tampilan pertama yang muncul adalah seperti gambar diatas. Tampilan pertama memperlihatkan susunan angka-angka yang benar. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, kita diintruksikan agar menekan sembarang tombol.

Gambar 2
Tampilan diatas adalah tampilan kedua setelah di awal tadi kita menekan tombol sembarang. Didalam Tampilan kedua kita di instruksikan lagi untuk menginput level yang diinginkan. Input 1 jika ingin level easy,  input 2 jika ingin level hard, dan input 3 jika ingin level hard.

Gambar 3
Gambar diatas adalah tampilan setelah menginput level yang diinginkan, setelah tampilan diatas muncul gunakan tombol panah untuk menggerakkan kotak yang kosong  hingga angka yang acak tersusun dengan benar.

Gambar 4
Jika ingin keluar atau reset pada saat bermain belum selesai, tekan esc. Maka akan mucul tampilan diatas. Lalu tekan ‘y’ untuk keluar dan tekan ‘t’ untuk reset.

Gambar 5
Setelah angka telah tersusun dengan benar, maka akan mucul tampilan diatas. Jika ingin memainkan kembali maka tekan ‘y’, dan jika ingin keluar tekan ‘t’.
ini kodingnya gan :
#include <stdlib.h>
#include <time.h>
#include <stdio.h>

#define atas 1
#define kiri 2
#define bawah 3
#define kanan 4

#define keyUp 0x048
#define keyDown 0x050
#define keyLeft 0x04b
#define keyRight 0x04d

#define true 1
#define false 0

#define easy 10
#define medium 20
#define hard 30

#define caption " ----------------\n// GAME PUZZLE //\n----------------\n"

#define fieldSize 4

char field[fieldSize][fieldSize];
char field2[fieldSize][fieldSize];
unsigned int seed;
int x, y;

int acak(int i);
void initField(int movement);
void move(int arah);
void generateOutput();
int cekUrut();

int acak(int i) {
    int a;
    seed += 5;
    srand(seed);

    a = (rand() % i) + 1;

    return(a);
}

void initField(int movement) {
    int arah, arahOld = -1, nPindah = movement, xOld, yOld;
    int c = 1, i, j;
    char temp;

    srand(time(NULL));
    seed = rand();
    x = y = (fieldSize - 1);

    for (i = 0; i <= (fieldSize - 1); i++) {
        for (j = 0; j <= (fieldSize - 1); j++) {
            field[i][j] = field2[i][j] = c;
            c++;
        }
    }
    field[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = field2[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = ' ';

    c = 0;
    while (c != nPindah) {
        xOld = x;
        yOld = y;
        arah = acak(4);

        if (arah != 0) {
            if ( c != 0) {
                if ((arah + 2) % 4 == arahOld) {
                    continue;
                }
            }

            switch (arah) {
                case atas :
                    if (y > 0) y--;
                    else continue;
                    break;
                case kiri:
                    if (x > 0) x--;
                    else continue;
                    break;
                case kanan :
                    if (x < fieldSize - 1) x++;
                    else continue;
                    break;
                case bawah :
                    if (y < fieldSize - 1) y++;
                    else continue;
                    break;
                default :
                    break;
            }

            if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
                temp = field[y][x];
                field[y][x] = field[yOld][xOld];
                field[yOld][xOld] = temp;

                c++;
                arahOld = arah % 4;
            } else {
                x = xOld;
                y = yOld;
            }
        }
    }
}

void move(int arah) {
    int xOld, yOld;
    char temp;

    xOld = x;
    yOld = y;

    switch (arah) {
        case atas :
            if (y > 0) y--;
            break;
        case kiri:
            if (x > 0) x--;
            break;
        case kanan :
            if (x < (fieldSize - 1)) x++;
            break;
        case bawah :
            if (y < (fieldSize - 1)) y++;
            break;
        default :
            break;
    }

    if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
        temp = field[y][x];
        field[y][x] = field[yOld][xOld];
        field[yOld][xOld] = temp;
    } else {
        x = xOld;
        y = yOld;
    }
    generateOutput();
}

void generateOutput() {
    int i, j, k;
    clrscr();
    puts(caption);
    puts("Tekan ESC untuk keluar / reset permainan...");
    for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");

    for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
        for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
            if (i == y && j == x) {
                printf("| %c  ", field[i][j]);
            } else {
                printf("| %2i ", field[i][j]);
            }
        }
        puts("|");

        for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
    }
}

int cekUrut() {
    int c, d;
    int match = true;

    for (c = 0; c <= (fieldSize - 1); c++) {
        for (d = 0; d <= (fieldSize - 1); d++) {
            if (field[c][d] != field2[c][d]) {
                if (match == true) {
                    match = false;
                }
            }
        }
    }
    return(match);
}

main() {
    int i, j, k, level;
    char key;

    system("cls");
    puts(caption);
    puts("Mainkan puzzle dan menyusunnya menjadi urutan yang benar...");
    puts("Geser kotak kosong sehingga menjadi berurutan sbg berikut : \n");
    initField(0);
    for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
    for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
        for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
            if (i == y && j == x) {
                printf("| %c  ", field2[i][j]);
            } else {
                printf("| %2i ", field2[i][j]);
            }
        }
        puts("|");

        for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
    }
    puts("Gunakan tombol panah untuk menggeser kotak kosong...\n");
    puts("Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan...");
    getch();
    for(;;) {
        system("cls");
        puts("Level : ");
        puts("\t1. Easy");
        puts("\t2. Medium");
        puts("\t3. Hard");
        printf("Pilih Level yang akan dimainkan : ");
         scanf("%i", &level);

        switch (level) {
            case 1 :
                initField(easy);
                break;
            case 2 :
                initField(medium);
                break;
            case 3 :
                initField(hard);
                break;
            default :
                puts("Level salah!!");
                getch();
                continue;
        }

        system("cls");

        generateOutput();

        while ((key = getch()) != 27) {
            switch(key) {
                case keyUp :
                    move(atas);
                    break;
                case keyDown :
                    move(bawah);
                    break;
                case keyLeft :
                    move(kiri);
                    break;
                case keyRight :
                    move(kanan);
                    break;
            }
            if (cekUrut() == true) {
                puts("\nANDA MENANG!!!");
                break;
            }
        }
        if (key == 27) {
            printf("Apakah anda ingin keluar ?\n['y' utk keluar / 't' utk reset] : ");
            if (toupper(getchar()) == 'Y') break;
            else continue;
        } else {
            printf("Apakah anda ingin main lagi ? [y/t] : ");
            if (toupper(getchar()) == 'T') {
                puts("\nTerima Kasih Telah Mencoba!!!");
                getch();
                break;
            }
            else continue;
        }
    }
}

Ditengah kesibukan boleh dong berkreasi, hehehe
Selamat Mencoba, Semoga Berhasil (y), Jangan lupa bila kurang paham bisa ditanyakan, komen aja di kolom komentar.


Semoga artikel Cara Membuat Game Puzzle Sederhana dari Bahasa C++ bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Cara Membuat Game Puzzle Sederhana dari Bahasa C++ ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot