Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan | CEMPAKA: Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan

Tuesday, 13 January 2015

Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan

Algoritma  adalah  independen  terhadap  bahasa  pemrograman  tertentu,  artinya algoritma  yang  telah  dibuat  tidak  boleh  hanya  dapat  diterapkan  pada  bahasa pemrograman  tertentu.  Penulisan  algoritma  tidak  terikat  pada  suatu  aturan  tertentu, tetapi harus jelas maksudnya untuk tiap langkah algoritmanya. Namun pada dasar nya algoritma dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan format penulisannya, yaitu:


    1.  Deskriptif
    Algoritma  bertipe  deskriptif  maksudnya  adalah  algoritma  yang  ditulis  dalam bahasa manusia sehari- hari (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan dalam bentuk  kalimat.  Setiap  langkah  algoritmanya  diterangkan  dalam  satu  atau  beberapa kalimat.

    Sebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan berikut ini:

    Algoritma Menentukan_bilangan_terbesar_dari_3_bilangan

    • Meminta input 3 bilangan dari user, misalkan bilangan a, b, dan c.
    • Apabila  bilangan  a  lebih besar  dari  b  maupun  c,  maka  bilangan  a merupakan bilangan terbesar.
    • Jika  tidak  (bilangan  a tidak  lebih  besar  dari  b  atau  c)  berarti bilangan  a  sudah  pasti  bukan  bilangan  terbesar.  Kemungkinannya tinggal  bilangan  b  atau  c.  Apabila  bilangan  b  lebih  besar  dari  c, maka  b  merupakan  bilangan  terbesar.  Sebaliknya  apabila  bilangan  b tidak lebih besar dari c, maka bilangan c merupakan yang terbesar.
    • Selesai.


      2.  Flow Chart (Diagram Alir)
      Selain dalam bentuk tulisan, algoritma juga dapat ditulis dalam  bentuk diagram- diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Algor itma yang ditulis dengan simbol-simbol demikian yang dinamakan  flow chart .

      Mengenai  lambang- lambang  yang  digunakan  akan  dibahas  pada  bagian selanjutnya. Sekarang diberikan suatu contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan seperti yang dicontohkan sebelumnya, tetapi ditulis dalam bentuk flow chart.

      3.  Pseudocode
      Pseudo  berarti imitasi dan  code  ber arti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang  ditulis  dalam  bahasa  komputer  (kode  bahasa  pemrograman).  Apabila diterjemahkan  secar a  bebas,  maka  pseudocode  berarti  tiruan  atau  imitasi  dari  kode bahasa pemrograman. Pada  dasarnya,  pseudocode  merupakan  suatu  bahasa  yang  memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap per masalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan   syntax   dari  bahasa  pemrograman  yang  tertentu.  Tidak  ada  aturan penulisan   syntax   di  dalam  pseudocode.  Jadi  pseudocode  digunakan  untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrogramannya.

      Walaupun pseudocode tidak ada aturan penulisan syntax, di dalam buku ini akan diberikan  suatu aturan-aturan  penulisan syntax yang cukup  seder hana  agar  pembaca dapat  lebih  mudah  dalam  mempelajari algoritma-algoritma  yang  ada  di  dalam  buku ini.  Pseudocode  yang  ditulis  di  dalam  buku  ini  akan  menyerupai  (meniru)  syntax- syntax dalam bahasa Pascal. Namun dibuat sesederhana mungkin sehingga tidak akan ada  kesulitan  bagi  pembaca  untuk  memahami  algoritma- algor itma  dalam  buku  ini walaupun pembaca belum pernah mempelajari bahasa Pascal.
      Contoh  algoritma  menentukan  bilangan  terbesar  dari  tiga  bilangan  yang  ditulis dalam bentuk pseudocode bergaya buku ini.

      Ya ternyata kita sudah sampai pada akhir pembahasan. Dan tentunya penulis berharap para pembaca bisa mendapatkan manfaat dai pembahasan tersebut. Jangan lupa bila akan beranjak berikan komentar dahulu pada kolom komentar yang tersedia.


      Semoga artikel Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan ini, like dan bagikan ketemanmu.

      Post a Comment

      CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
      My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot