Cara Ampuh Merawat Hardisk yang Baik dan Benar | CEMPAKA: Cara Ampuh Merawat Hardisk yang Baik dan Benar
IBX5AF6A42FA4A37
IBX5AF6AA7C79B51

Tuesday 27 January 2015

Cara Ampuh Merawat Hardisk yang Baik dan Benar


jika anda sayang dengan data – data kesayangan anda yang tersimpan di hardisk, lebih baik anda ikuti artikel ini tentang cara ampuh merawat hardisk yang baik dan benar, karna masih jarang nya orang yang bisa memperbaiki hardisk yang rusak, jadi alangkah baik nya jika mencegak daripada terlanjur hdd anda rusak dan anda hilang, oke sekarang ikut langak – langkah pencegahan kerusakan hardisk.

jangan mematikan komputer secara paksa

Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar.

gunakan stabilizer untuk pc

Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data kamu yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam.

jangan terlalu banyak software yang berjalan pada hardisk

nah ini berlaku untuk komputer dan laptop yang spesifikasi nya masih low, karna jika anda menggunakan banyak software yang tidak terpakai, hardisk daripada komputer atau laptop anda akan cepat panas, dan tentunya memperpendek umur hdd anda.

jaga kapasitas hardisk anda

jangan sampai kapasitas hardisk anda di biasakan full dengan file lebih baik anda membeli hardik cadangan atau eksternal jika banyak data yang menurut anda penting namun kapasitas hardisk sudah penuh.

defrag hardisk secara rutin

Seiring dengan penggunaan, data-data di hardisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa hardisk menurun. Untuk menghilangkan fragmen tersebut maka kamu perlu melakukan defrag ketika dibutuhkan. Kamu bisa melakukannya ketika fragmentasi sudah mencapai diatas 10%. Namun usahakan jangan terlalu sering melakukan defrag karena hal ini juga bisa mengurangi umur hardisk jika dilakukan secara berlebihan.
demikian tips cara ampuh merawat hardisk yang baik dan benar  untuk laptop dan pc anda, semoga bermanfaat.


Semoga artikel Cara Ampuh Merawat Hardisk yang Baik dan Benar bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Cara Ampuh Merawat Hardisk yang Baik dan Benar ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot