Cara Membuat game sederhana menggunakan Borland C++ | CEMPAKA: Cara Membuat game sederhana menggunakan Borland C++
IBX5AF6A42FA4A37
IBX5AF6AA7C79B51

Tuesday 13 January 2015

Cara Membuat game sederhana menggunakan Borland C++

Cara membuat game sederhana menggunakan Borland C++


Game merupakan kata yang tidak asing lagi didengar telinga, terkadang orang sampai tergila - gila akan hal ini hingga waktu yang

mereka miliki hanya untuk bermain game. pada era saat ini game merupakan teknologi yang berkembang sangat pesat. apalagi game

banyak sekali macamnya dan sangat memberikan hiburan yang benar - benar tidak tanggung - tanggung hingga kocek-pun

harus habis untuk kepuasan bermain game, namun banyak sekali seorang hanya senang bermain game namun tidak mau mempelajari
bagaimana cara pembuatannya, hal ini sangat disayangkan karen kita hanya akan mengkonsumsi hal itu namun tanpa tahu bagaimana
proses pembuatannya.

seperti udul yang saya buat, saya akan mengenalkan bahasa Pemrograman C++ yang dapat membuat game sederhana, dari sinilah game - game
saat ini muncul yaitu mulai dari bahasa sederhana yang digunakan hingga sekompleks saat ini.

marilah kita belajar cara pembuatan ggame bagian 1 ini, yang pertama kita lakukan adalah men-download compiler C++ saya sarankan borland C++
agar dapat dengan mudah mengikuti tutorial ini lalu install pada komputer anda. pada bagian 1 ini saya akan memberitahu bagaimana
game sederhana layaknya pencocokan gambar yang sama denganmenebak gambar pada posisi tertutup yang saya beri udul Permainan Tebak Angka.

bukalah borland C++ yang telah anda download
pilih menu file -> new -> edit text untuk membuka halaman
masukkan kode berikut
#include
#include

void check(int b[4][4],int a[4][4]);
void inisial();
void tampil(int b[4][4]);
void play(int b[4][4],int a[4][4]);
void check(int b[4][4],int a[4][4]);

/*=============FUNGSI UTAMA==============*/
void main(){
inisial(); //pemanggilan fungsi inisial
getch();
}

/*=============FUNGSI INISIALISASI ARRAY a DAN b===============*/
void insial(){
int a[4][4]={{1,1,2,2},{3,3,4,4}.{5,5,6,6},{7,7,8,8}};
int b[4][4]={{0,0,0,0}.{0,0,0,0},{0,0,0,0},{0,0,0,0}};
play(b,a);//pemanggilan fungsi play dengan parameter array a dan b
}

/*=============FUNGSI TAMPILAN PERMAINAN==============*/
void tampil(int b[4][4]){
printf('=================================
====================================\n\n");
printf("\t\t\tPermainan Tebak Angka\n");
printf("===================================
====================================\n\n");
printf("*********\n*\t*\t*\t*\t*\n");
printf("* %d * %d * %d * %d *\n*\t*\t*\t*\t*\n",b[0][1],b[0][2],b[0][3]);
printf"*****************************\n*\t*\t*\t*\t*\n");
printf("* %d * %d * %d * %d *\n*\t*\t*\t*\t*\n",b[1][0],b[1][1],b[1][2],b[1][3]);
printf"*****************************\n*\t*\t*\t*\t*\n");

printf("* %d * %d * %d * %d *\n*\t*\t*\t*\t*\n",b[2][0],b[2][1],b[2][2],b[2][3]);
printf"*****************************\n*\t*\t*\t*\t*\n");
printf("* %d * %d * %d * %d *\n*\t*\t*\t*\t*\n",b[3][0],b[3][1],b[3][2],b[3][3]);
printf("*********************************\n");
}

/*=============FUNGSI PERMAINAN DIMULAI================*/
void play(int b[4][4],int a[4][4]){
int kolom1,baris1,kolom2,baris2;
clrscr();
tampil(b);//pemanggilan fungsi tampil dengan parameter array b
printf("Masukkan baris dan kolom, Tebak Angka 1\n");
printf("baris : ");
scanf("%d",&baris1);
printf("kolom : ");
scanf("%d",&kolom1);
b[baris1-1][kolom1-1]=a[baris1-1][kolom1-1];
tampil(b);
clrscr();
tampil(b);
printf("Masukkan baris dan kolom, Tebak Angka 2\n");
printf("baris : ");
scanf("%d",&baris2);
printf("kolom : ");
scanf("%d",&kolom2);
b[baris2-1][kolom2-1]=a[baris2-1][kolom2-1];
if(b[baris1-1][kolom1-1]==b[baris2-1][kolom2-1]){
clrscr();
tampil(b);
}else{b[baris2-1][kolom2-1]=0;
b[baris1-1][kolom1-1]=0;
clrscr();
tampil(b);
}
check(b,a);//pemanggilan fungsi check
}

/*=============FUNGSI PROSES PENGECEKKAN================*/
void check(int b[4][4],int a[4][4]){
if((b[0][0]==a[0][0])&&(b[0][1]==a[0][1])&&( b[0][2]==a[0][2])&&(b[0][3]==a[0][3])&&(b[1 ][0]==a[1][0])&&(b[1][1]==a[1][1])&&(b[1][2 ]==a[1][2])&&(b[1][3]==a[1][3])&&(b[2][0]== a[2][0])&&(b[2][1]==a[2][1])&&(b[2][2]==a[2 ][2])&&(b[2][3]==a[2][3])&&(b[3][0]==a[3][0 ])&&(b[3][1]==a[3][1])&&(b[3][2]==a[3][2])&&(b[3][3]==a[3][3]))
{
printf("SELAMAT ANDA MENANG!!!\n\n");

printf("Ingin mencoba lagi tekan y");

if(getch()=='y'||getch()=='Y')inisial();//kembali memberikan nilai nol pada array b
else getch();//keluar
}
else play(b,a);
}
Setelah menulis kode diatas pilih menu project->compile
Setelah itu pilih menu script->run
mainkan program tersebut dengan memasukkan baris dan kolom untuk mencari angka yang sama jika salah memilih angka kedua maka angka pertama ikut berubah menjadi 0 kembali .

Demikian lah sedikit penjelasan mengenai game sederhana pada borland c++. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar.


Semoga artikel Cara Membuat game sederhana menggunakan Borland C++ bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Cara Membuat game sederhana menggunakan Borland C++ ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot