Pengertian Algoritma & Pemrograman | CEMPAKA: Pengertian Algoritma & Pemrograman
IBX5AF6A42FA4A37
IBX5AF6AA7C79B51

Tuesday 13 January 2015

Pengertian Algoritma & Pemrograman

Hallo friends, pada kesempatan ini saya akan memberikan pengertian Algoritma & Pemrograman. Berikut ini adalah penjelasan dari algoritma & pemrograman. Ayo kita simak. 

1. Algoritma


    Asal  usul  kata  algoritma  dapat  Anda  baca  dalam  buku  “The  Art  of  Computer Programming Second Edition Volume I” yang ditulis oleh Donald E. Knuth (1973, p1- )


    Menurut  Donald  E.  Knuth  (1973,p4),  algoritma  dalam  penger tian  modern mempunyai kemiripan dengan istilah resep ,  proses, metode, teknik, prosedur, rutin . Algoritma  adalah  sekumpulan  aturan-aturan  berhingga  yang  memberikan  sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus. Menurut  Rinaldi  Munir,  algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algor itma merupakan suatu istilah yang luas, yang tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer.
    2.Pemrograman


      Pemrograman berasal dar i kata  program  yang diberi awalan pe– dan akhiran –an. Dalam buku ini, program berarti progr am komputer. Pengertian   program   computer menurut John M. Zelle,  Ph.D.  dalam bukunya  yang  berjudul “Python  Programming: An  Introduction to  Computer  Science”  (2002,  p1)  adalah  sekumpulan  instruksi langkah per langkah yang member itahukan mengenai yang harus dilakukan computer secara  tepat.   Pemrograman   adalah  segala  kegiatan  pembuatan  program  computer.


      Kemudian  terdapat  pula  istilah   bahasa  pemrograman   yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Berdasarkan  pengertian  algor itma  dan  pemrograman,  maka  dapat  dikatakan bahwa  progr am  merupakan  hasil  penerapan  dari  algoritma- algoritma.  Akan  tetapi, dalam  buku  ini  tidak dibahas  materi  mengenai  pembuatan  program  komputer.  Buku ini  memfokuskan teknik-teknik pembuatan  algoritma  itu  sendir i.  Nama  mata  kuliah Algor itma dan Pemrogr aman dalam hal ini berarti mempelajari pembuatan algoritma- algoritma yang dapat diterapkan dalam pemrograman.

      Demikian lah materi dari pengertian algoritma dan pemrograman. Semoga bisa memberikan manfaat yang besar. Untuk kemajuan berikan komentar pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih akan kunjungannya.


      Semoga artikel Pengertian Algoritma & Pemrograman bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Pengertian Algoritma & Pemrograman ini, like dan bagikan ketemanmu.

      Post a Comment

      CEMPAKA - All Right Reserved.Powered By Blogger
      My Link by Creating Website Edit by : Cempakateknikinfo Blogspot